- BERITA DAERAH

LDII Bersama Kemenag dan JIC Lakukan Pengamatan Hilal 1 Syawal 1444 H

JAKARTA UTARA (21/4). Bertempat di Pulau Karya Kepulauan Seribu, Tim Rukyatul Hilal DPD LDII Jakarta Utara bersama Tim Falakiah Kemanag Kepulauan Seribu dan Jakarta Islamic Center (JIC) Jakarta mengadakan pengamatan hilal 1 Syawal 1444 H pada hari Kamis, (20/4).

Bertolak dari Pantai Marina Ancol, hari Kamis (20/4) pukul 08.00, Tim Rukyatul Hilal DPD LDII Jakarta Utara yang terdiri dari Ustadz Bahronsyah dan Ustadz Budiharjo menaiki kapal boat menuju Pulau Pramuka yang di tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Rombongan tiba di Pulau Pramuka pukul 09.00 dan langsung melakukan mengamati gerhana matahari hibrida bersama Tim Falakiah lainya. Hal ini sangat bermanfaat untuk mencocokan data dari BMKG dengan data riil yang ada di lapangan.

Selesai melakukan pengamatan gerhana matahari hibrida, rombongan melanjutkan perjalanan menuju pulau Karya yang jaraknya sekitar 2 KM dengan menggunakan perahu nelayan untuk mendapatkan arahan / breafing dari DR. Fajar Faturrohman, selaku Tim Ahli Falakiah JIC dan Kemenag yang selama ini rutin melakukan pengamalatan hilal di Pulau Pramuka.

 

Dalam paparanya, DR. Fajar Fathurohman mengapresiasi kekompakan semua Tim yang hadir, baik dari Tim Falakiah Kemenag Kepulauan Seribu, Tim Falakiyah JIC, Tim Rukyatul Hilal LDII serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat yang hadir pada acara tersebut. Ia berharap hasil pengamatan gerhana matahari Hibrida dan pengamatan hilal bisa menjadi data base untuk kajian-kajian Ilmu Falakiah kedepanya.

Sementara itu Kepala Kemenag Kepulauan Seribu. KH. Mawardi, S.Ag mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kehadiran seluruh Tim Rukhiatul Hisab baik dari Kemenag, JIC maupun LDII. “Hasil hisab ini merupakan data riil yang didapat di lapangan, tidak bisa di rekayasa, terlihat maupun tidak terlihat, itulah hasil yang didapat di lapangan yang selanjutnya akan dilaporkan ke tingkat yang lebih tinggi”. Jelas Mawardi

Selesai melaksanakan pengamatan, semua tim kembali ke Pulau Pramuka untuk menginap selama satu malam dan keesokan harinya kembali ke Jakarta. Semoga amal sholih semua tim yang sudah mencurahkan tenaga, waktu dan pikiranya menjadi jariyah, dan hasilnya bisa menambah khasanah dalam ilmu Falakiah kedepanya. Aamiin ( Tris )

Social Media Share

About sobar lubis

Read All Posts By sobar lubis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *