- Berita Daerah

SAKO SPN Jakarta Utara Adakan Kegiatan BCM Di Masjid Fathul Huda, Kebon Bawang

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

JAKARTA UTARA (14/6). Dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang profesional religius, Satuan Komunitas Pramuka Sekawan Persada Nusantara (SAKO SPN) Jakarta Utara kembali melaksanakan kegiatan BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) kepada sekitar 50 peserta didik usia Siaga dari beberapa majelis taklim mingguan LDII Pimpinan Cabang Tangjung Priok, pada hari Sabtu (11/6), di Masjid Fathul Huda Jl. Swasembada Barat IX No.58, RW.13, Kebun Bawang, Kec. Tj. Priok.

Metode BCM atau Bermain, Cerita dan Menyanyi adalah metode pembelajaran yang menerapkan cara bermain sambil belajar atau belajar sambil bermain, menceritakan kisah-kisah tokoh, legenda, atau mitos yang memiliki pesan implisit (tersembunyi) kebaikan moral, intelektual, atau teknologi, serta menyanyi sebagai ungkapan ekspresi hati sedih, senang, bahagia, gembira, tawa, dan semangat hidup yang menggebu-gebu. Metode BCM banyak digunakan pada jenjang pendidikan anak usia dini seperti TK atau play group. Kali ini BCM diimplementasikan kepada Caberawit/ Usia dini untuk memperkenalkan Pramuka pada anak didik usia siaga.

Wakil Mabigus Fatahillah-Malahayati Kak H. Joko Susilo dalam amanatnya beliau mengingatkan agar peserta didik dapat tertib mengikuti kegiatan BCM, mendengarkan arahan dari kakak-kakak pembina  dengan sebaik-baiknya sehingga bisa riang dan gembira dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Sementara itu di tempat terpisah Kak. Hartono selaku Ketua Pinsakocab SPN Jakarta Utara sangat mengapresiasi acara tersebut. Kak. Hartono berharap agar kegiatan seperti ini bisa dilakukan di  masjid-masjid binaan LDII lainnya secara rutin.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengikuti 5 permainan yang dipandu oleh kakak-kakak pembina dari SAKO SPN Jakarta Utara antara lain Kak Juni Eka Mulyadi (Andalan Urusan Penggalang Putra), Kak Harry Purnomo (Andalan Urusan Anggota Dewasa Putra), Kak Hilman dan Kak Ana. Di masing-masing pos permainan ada hikmah tersendiri yang akan diperolah oleh peserta didik diantaranya meningkatkan kerjasama, kekompakan, kerukunan, kejujuran dan lain-lain.

Kebahagiaan tampak dari raut wajah para peserta yang sangat antusias mengikuti permainan-permainan yang telah disediakan kakak-kakak pembina. Setelah menyelesaikan 5 permainan peserta didik kembali dikumpulkan untuk menyanyikan lagu dan yel-yel bersama. Acara dikahiri dengan pembagian hadiah dan foto bersama. *Hilman (Contributor) / (Editor : KIM).

Social Media Share
0 0 votes
Article Rating
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments