- Berita Daerah

Sakocab SPN Jakarta Utara Berpatisipasi Aktif dalam Bulan Bakti Pramuka

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

JAKARTA UTARA (11/08/2021). Menindaklanjuti surat edaran Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka tentang Bulan Bakti Pramuka sekaligus Peringatan Hari Pramuka ke-60. Sakocab SPN Jakarta Utara turut berpartisipasi di dalamnya dengan mengajak 50an pramuka usia penggalang dan penegak. Sakocab SPN Jakarta Utara mengawali dengan apel pagi di Ponpes Syarif Hidayatullah, Koja, Jakarta Utara.

Ketua Majelis Pembimbing sekaligus Dewan Penasehat DPD LDII Jakarta Utara H. Tri Gunawan Hadi memberikan pengarahan kepada kakak-kakak Penggalang dan Penegak. Gerakan Pramuka Sako SPN memiliki tugas pokok yang harus dikerjakan meski dalam keadaan pandemi. “Dalam situasi pandemi yang serba terbatas ini, kita bisa melaksanakan amal saleh, berbuat dan berkarya untuk bangsa, melaksanakan kegiatan ibadah, dan membantu umat. Semoga menjadi jariyah dan kakak-kakak bisa mengembangkan kepanduan serta jati diri sebagai anak Pramuka,”ujarnya.

Mabi Sakocab SPN Jakarta Utara kak H. Kirnoto menjelaskan bahwa kegiatan Bulan Bakti Pramuka diisi dengan kegiatan bersih-bersih masjid sekaligus penyemprotan desinfektan untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19 dan pembersihan sampah memisahkan sampah organik dan non organik untuk kebersihan bersama. “Pembersihan sampah plastik, serta pencetusan komitmen Gerakan Pramuka untuk mengurangi sampah plastik sesuai arahan kwarnas,” ujarnya

Kegiatan dilanjutkan dengan mengumpulkan barang-barang bekas, bekerja sama dengan seluruh keluarga besar Sakocab SPN Jakarta Utara. Untuk kegiatan ini, kakak-kakak penggalang dan penegak dikoordinasikan langsung oleh Kak Untung sebagai Ketua Gugus Depan (Gudep) Syarif Hidayatullah. Mereka mendatangi beberapa majelis taklim dan rumah warga untuk mengambil barang-barang bekas yang tidak terpakai. Warga merasa terbantu karena keberadaan barang bekas tak terpakai bisa menjadi sarang penyakit dan mengurangi estetika. Barang tersebut kemudian dikumpulkan untuk didaur ulang serta dijual.

Sementara itu Ketua Sakocab SPN Jakarta Utara Hartono mengatakan bahwa kegiatan seperti ini merupakan kegiatan rutin tahunan dalam rangka mendidik anak – anak agar memiliki jiwa cinta tanah air, mandiri dan peduli pada lingkungan. **Sbr

 

Social Media Share