- Berita Daerah

SAKO SPN Jakarta Utara Adakan KMD

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

JAKARTA UTARA (3/8). Dalam rangka meningkatkan bekal pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman praktis bagi para Pembina Pramuka Gugus Depan, Satuan Komunitas Pramuka Sekawan Persada Nusantara (SAKO SPN) Cabang Jakarta Utara mengadakan Kursus Mahir Dasar (KMD) yang diikuti oleh 50 peserta dari utusan Gugus Depan SAKO SPN se DKI Jakarta.

Acara KMD dibuka oleh ketua Kwarcab Jakarta Utara Kak H. HR. Budi Sulistyo pada Jum’at (29/7) di Yayasan Ponpes Syarif Hidayatullah yang merupakan Sekretariat SAKO SPN Jakarta Utara.  Dalam arahannya kak HR. Budi Sulistyo menyambut baik diadakannya KMD ini, sehingga menambah para pembina pramuka khususnya di Jakarta Utara. “Saya sangat berterima kasih dan mengapresiasi SAKO SPN Jakarta Utara yang telah mengadakan acara KMD ini. KMD merupakan kursus kepramukaan tingkat dasar bagi calon pembina pramuka” Jelas Kak Budi

Lebih lanjut Kak Budi berharap agar para pembina pramuka SAKO SPN yang telah dinyatakan lulus dalam KMD ini bersedia untuk membina di tempat – tempat selain lingkungan SAKO SPN, misalnya di Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah di wilayah Jakarta Utara dengan surat penugasan dari Kwarcab Jakarta Utara.

KMD SAKO SPN Jakarta Utara akan dilaksanakan secara daring pada Jum’at – Minggu (29-31/7) berupa pemberian materi kepramukaan dan dilaksanakan secara praktek berkemah pada Jum’at – Minggu, (5-7/8) di Sanggar Pramuka Kwartir Cabang Jakarta Utara, dengan pelatih berasal dari Pusdiklatcab Pramuka Jakarta Utara berjumlah 8 orang.

Ketua Kursus yang juga Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Tanjung Priok dan sekaligus Wakil Ketua Sako SPN DKI Jakarta Kak. Agustina  menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah membentuk pembina mahir dasar. “Tujuan dari kegiatan ini adalah membentuk pembina mahir dasar. Kami berharap Kakak kakak dari Sako SPN siap membina di gugus depan masing masing, dan kami juga berharap dari Kursus Mahir Dasar ini setelah menyelesaikan narakarya dasar diharapkan bisa lanjut ke Kursus Mahir Lanjutan (KML)” ujar Agustina, Senin (1/8).

Satuan Komunitas Pramuka Sekawan Persada Nusantara (SAKO SPN) adalah satuan komunitas pramuka yang berbasis pada masjid, pesantren dan majelis ta’lim yang dimiliki oleh Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), untuk membentuk sumber daya manusia yang profesional religius. Membentuk generasi muda yang alim faqih, berakhlakul karimah dan mandiri serta memiliki karkater yang luhur yaitu rukun, kompak, kerjasama yang baik, jujur, amanah dan kerja keras lagi hemat.

Hadir dalam acara pembuka KMD Sako SPN Kak H. Ismu Wiyono (Sekretaris Cabang Jakarta Utara), Kak Hj. Mimin suratminah (Waka Binawasa), Kak Rita Windianti  (Ka Pusdiklatcab Jakarta Utara), Kak Hartono (Waka Komunis Advokasi dan Informasi),  Kak Junaedi Kelana  (Pelatih dan Staff Kwarcab), Kak Iryanto  (Staf dan Pelatih),  Kak Syaiful Bahri (Pelatih), Kak Amelia Yasra (pelatih) dan Dewan Kerja Cabang.

Sedangkan dari pengurus SAKO SPN yang turut hadir Kak Isnan Lastimulyo (Ketua SAKO SPN DKI Jakarta), Kak H. Bono Mulyanto (Mabi SAKO SPN Jakarta Utara), Kak Irfan Alduhya (Anggota Mabi Sakocab Jakarta Utara), Kak Hartono (Ketua SAKO SPN Cabang Jakarta Utara), Kak Juni Eka (Waka Binawasa Sakocab Jakarta Utara) dan pengurus lainnya. *KIM

Social Media Share