- Berita Daerah

Hebat!, 49 Pembina Pramuka SAKO SPN Lulus Kursus Mahir Dasar

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

JAKARTA UTARA(9/8). Pelaksanaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) yang dilaksanakan oleh Satuan Komunitas Pramuka Sekawan Persada Nusantara (SAKO SPN) Cabang Jakarta Utara berakhir pada hari Minggu (7/8) di Sanggar Pramuka Kwartir Cabang Jakarta Utara.

Sebanyak 49 Pembina Pramuka SAKO SPN dinyatakan lulus mengikuti acara KMD dengan nilai yang memuaskan. Ketua Kursus yang juga Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Tanjung Priok Kak. Agustina dalam laporannya menyampaikan bahwa dari 50 peserta KMD, 49  peserta dinyatakan lulus, sedangkan 1 peserta mengundurkan diri.

Kak Mimin Suratminah selaku Wakabinawasa yang mewakili Ketua Kwarcab Jakarta Utara saat menutup acara KMD menyampaikan terima kasih kepada SAKO SPN Jakarta Utara yang telah berinisiasi mengadakan acara KMD. Kak Mimin juga mengapresiasi ketertiban dan kesemangan para peserta saat mengikuti KMD. “Kami sangat bangga dan terharu terhadap kesemangatan para peserta mengikuti acara KMD, di setiap sesi pelatihan peserta selalu tepat waktu dengan tingkat kehadiran 99 persen, walaupun beberapa peserta ada yang mengalami sakit, ini adalah bentuk kesungguhan yang luar biasa dari kakak – kakak pembina ” tambah Kak Mimin.

Lebih lanjut Kak Mimin berharap, agar setelah selesainya acara KMD ini para pembina pramuka bisa mengajarkan ilmunya di gugus depan binaannya. Selain itu para pembina pramuka diberi tugas untuk membuat narakarya 1 sebagai persyaratan untuk mengikuti KML (Kursus Mahir Lanjutan).

Sementara itu Kak Irfan Al Dhuhya, Mabi SAKO SPN Jakarta Utara yang sekaligus ketua DPD LDII Jakarta Utara mengucapkan terima kasih yg sebesar-besarnya kepada Kwarcab Jakarta Utara yang telah memberikan pelatihan kepada para pembina pramuka SAKO SPN. “Ke depan kami siap untuk selalu koordinasi dan kolaborasi dengan Kwarcab Jakarta Utara dalam kegiatan kepramukaan, termasuk tindaklanjut pelaksanaan KML” Tutur Kak Irfan

KMD SAKO SPN Jakarta Utara dilaksanakan secara daring pada hari Jum’at – Minggu (29-31/7) berupa pemberian materi kepramukaan dan dilanjutkan berkemah pada hari Jum’at – Minggu, (5-7/8) di Sanggar Pramuka Kwartir Cabang Jakarta Utara dengan materi Pengenalan Anak Didik, Materi Ekstrakurukuler Wajib Pendidikan Kepramukaan (EWPK) untuk Siaga, Penggalang dan Penegak, tali temali, semapor, sandi morse, tata cara upacara, Praktek Membina, permainan, menyusun RTL, postes, api unggun dan lain-lain. *KIM

Social Media Share
5 1 vote
Article Rating
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments