- BERITA DAERAH

Tim Rukyatul Hisab LDII Jakarta Utara Ikut Serta Dalam Pemantaun Hilal

JAKARTA UTARA (23/3). Dalam penentuan 1 Ramadhan 1444 H, Tim Rukyatul Hisab LDII Jakarta Utara ikut bergabung dalam pemantauan hilal pada hari Rabu (22/3) di Pulau Tidung Kepulauan Seribu yang dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag Propinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Tim Falakiyah Jakarta Islamic Center, Tim Falakiyah Kemenag Kepulauan Seribu, KUA Kepulaian Seribu para ormas islam dan instansi lainnya.

Titik pantau di Kepulauan Seribu yang terdapat di Pulau Tidung berada di titik lintang 57,97 dan bujur 106,497 tinggi 8⁰. Dengan matahari terbenam berada di azimat 273,07⁰. Dengan posisi pantai yang terbentang luas di mungkinkan pemantauan hilal akan terlihat dengan jelas.

DR. Fajar Faturohman, tim ahli Falakiah Kanwil Kemenag Propinsi DKI Jakarta sebelum acara pemantauan hilal dilaksanakan memberikan materi sekilas tentang pengetahuan dasar tentang ilmu Falakiah dan rujukan – rujukan dalam penentuan hilal. DR. Fajar Fatorohman juga menyambut dengan gembira dengan bergabungnya tim Rukyatul Hisab dari LDII. “semoga kedepan kita bisa lebih terjalin sinerginitas dalam kegiatan-kegiatan selanjutnya”. Harap DR. Fajar Faturohman

Sementara itu KH. Mawardi yang merupakan pejabat Kemenag Kepulaun Seribu yang sekaligus sebagai pimpinan Pondok pesantren yang ada di Pulau Tidung sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Kegiatan pemantauan hilal ini sudah rutin dilaksanakan tiap tahun di Kepualauan Seribu, dan tahun ini dilaksanakan di Pulau Tidung untuk pertama kalinya”. Jelas KH. Mawardi.

Dari hasil pemantauan di titik pengamatan Kepulauan Seribu cuaca cerah dan awan tebal sehingga hilal tidak tampak. Akan tetapi di beberapa titik pantau daerah lain menunjukkan hilal sudah tampak, sehingga penentuan 1 Ramadhan 1444 H diputuskan dalam sidang Isbat Kemenag yaitu hari Kamis 23 Maret 2023.

Hadir sebagai peserta Rukyatul Hisab LDII tahun ini berjumlah 8 orang, terdiri dari 5 orang dari DPD LDII Jakarta Utara, yaitu Ust. Sutrisno Diharjo (sebagai koordinator) Ust. Ahmad Dasuki, Ust. Bahronsyah (sebagai tim IT), Ust. Achmad Subchan, Ust. Didik Fauzan (sebagai tim keilmuan) dan 3 orang dari tim Rukyatul Hisab DPP LDII yaitu H. Dwi Purnomo,  H. Wilnan Fatahilah dan H. Pahala Sibuea.

Selain di titik pantau Kepulauan Seribu, pada tahun ini Tim Rukyatul Hisab LDII juga mengikuti pemantauan lebih dari 30 titik pantau yang ada di pulau jawa. Ini merupakan salah satu bentuk kontribusi LDII untuk membantu pemerintah dalam penentuan hilal. *(Tris)

Social Media Share

About sobar lubis

Read All Posts By sobar lubis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *