- Berita Daerah, Organisasi

KH. Nur Alam Bakhtir : 5 TERMA Manusia Dalam Al Qur’an

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

JAKARTA UTARA (18/4). “Di dalam Al Qur’an Allah SWT memperkenalkan makhluk bernama manusia dengan lima terma (lafat) pokok, yakni terma : al-basyar, al-insan, al-ins, al-Nas, dan Bani Adam“. Itulah kalimat yang disampaikan oleh KH. A. Nur Alam Bakhtir selaku Dewan Pembina MUI Kota Jakarta Utara sekaligus Komisioner Baznas (Bazis) Prov. DKI Jakarta saat memberikan tausiyah dalam acara Safari Ramadan DPD LDII Jakarta Utara pada hari Minggu (17/4) di masjid Al Muflihun, Sunter, Tg. Priok, Jakarta Utara.

Lebih lanjut KH. Nur Alam menyampaikan bahwa secara tekstual dari kelima terma (lafat) itu memiliki makna yang sama yaitu manusia. Akan tetapi secara spesifik penggunaan dari kelima terma itu, secara implisit memiliki aksentuasi makna dalam konteks yang berbeda.  Untuk lebih lengkapnya bisa dibaca dalam buku “5 TERMA Manusia Dalam Al Qur’an” (Red).

Dalam acara tersebut Irfan Al Dhuhya selaku ketua DPD LDII Jakarta Utara menyampaikan bahwa pengajian Safari Ramadan adalah program rutin tahunan dengan tujuan untuk menjalin silaturrahim dengan para ulama dan tokoh masyarakat yang ada di Jakarta Utara sekaligus mensosialisasikan program 5 (lima) Sukses Ramadan kepada warga LDII. Irfan juga menyampaikan terima kasih kepada KH. Nur Alam Bakhtir yang sudah bisa hadir untuk memberikan tausiyah kepada warga LDII disela-sela aktifitasnya yang sangat padat.

“Dari 15 masjid jami’ binaan LDII Jakarta Utara, ada beberapa masjid jami’ yang tahun ini digunakan untuk kegiatan Safari Ramadan dengan menghadirkan penceramah dari pengurus MUI Jakarta Utara. Antara lain, masjid Syarif Hidayatullah – Koja oleh KH. Ibnu Abidin (Ketua Umum MUI Jakarta Utara), masjid Al Akbar – Tg. Priok oleh KH. Sodikin Maksudi (Wakil Ketua Umum MUI Jakarta Utara), masjid Nurul Fajar  – Cilincing oleh KH. Ali Fahmi (Sekretaris Umum MUI Jakarta Utara), masjid Assomadaniyyu – Koja oleh KH. Agus Muslim (Ketua Tanfidiyah NU Jakarta Utara) dan masjid Kanzil Ilmi – Penjaringan oleh KH. Nu’man (Ketua MUI Kec. Penjaringan)” papar Irfan.

Pengajian Safari Ramadan diakhiri dengan pembacaan doa oleh KH. Masyruf Sudarto (Ketua Bidang Pendidikan MUI Jakarta Utara) dan dilanjutkan dengan ramah tamah. *Sbr/KIM.

Social Media Share