- Berita Daerah

LDII Hadiri Acara Peningkatan Kerukunan Umat Beragama

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

JAKARTA UTARA (15/4). LDII DKI Jakarta menghadiri acara Peningkatan Kerukunan Umat Beragama Angkatan ke II yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi DKI Jakarta pada hari Kamis (14/4) di Hotel El Royale, Kelapa Gading, Jakarta dengan peserta para pimpinan ormas islam dan para pimpinan keagamaan. Acara yang dikemas dengan dialog interakfif tersebut mendatangkan nara sumber dari birokrat, akademisi dan pimpinan ormas, antara lain Robi Nurhadi (Akademisi), Wawan Djunaedi (FKUB Kemenag), Nasrullah HN (fraksi PKS Komisi A), dan Lalu Eriawan selaku moderator.

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta Taufan Bakri dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan pindahnya ibu kota negara ke Kalimantan maka kedepan DKI Jakarta kemudian akan menjadi apa ? “Bisa jadi DKI Jakarta akan menjadi Daerah Khusus Investasi” tambah Taufan. Lebih lanjut Taufan menambahkan, untuk menjadi Daerah Khusus Investasi maka DKI Jakarta harus bisa mewujudkan situasi yg aman dan kondusif (tidak berkonflik) agar investor merasa nyaman untuk menginvestasikan modalnya. Maka kerukunan umat beragama harus bisa terwujud dengan baik. Mengingat di DKI Jakarta terdapat pemeluk 6 agama dan 15 aliran kepercayaan.

Sedangkan Robi Nurhadi dalam paparannya menyampaikan bahwa kunci untuk mewujudkan kerukunan umat beragama adalah : Bersedia menerima perbedaan, Mempersilahkan orang lain untuk melaksanakan keyakinannya dan Menikmati perbedaan tanpa merasa terpecah pecah.


Sementara itu Wawan Djunaedi selaku ketua FKUB Kanwil Kemenag DKI Jakarta menambahkan bahwa upaya dalam mewujudkan kerukunan umat beragama ini sudah dilaksanakan dari semenjak orde baru dengan program Trilogi Beragama yaitu: Kerukunan inter umat beragama, Kerukunan antar umat beragama, Kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah. Program tersebut sekarang dilanjut oleh Kementrian Agama dengan Moderasi Beragama. Yaitu cara beragama yang tengah – tengah, yang sesuai ajaran agamanya, tidak ekstrim dan tidak berlebihan.

Hadir mewakili LDII DKI Jakarta, Irfan Al Dhuhya (Wakil Ketua DPW LDII DKI Jakarta), Muhammad Id (Sekretaris DPW LDII DKI Jakarta), Sobar Lubis (Wakil Sekretaris DPW LDII DKI Jakarta), Pudya Sanjaya (Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga) dan M. Rofiq (Anggota Bidang Hubungan Antar Lembaga). *Sbr/KIM

Social Media Share